Sabtu, 13 April 2013

Kurangi makan Garam agar Nyawa anda pun Selamat


detail berita
Kurangi garam (Foto: Foxnews)

Ilmu Tambahan [ Kesehatan ]-MENGURANGI asupan garam dalam makanan yang Anda konsumsi ternyata bukan hanya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat tetapi juga menghindarkan Anda dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh tumpukan garam berlebih dalam tubuh.

Selama studi, tiga kelompok penelitian menggunakan simulasi komputer dan model untuk mengukur manfaat dari tiga strategi yang berbeda untuk  pengurangan garam.

Dalam satu model, para peneliti memeriksa efek secara bertahap mengurangi asupan garam sebesar 40 persen selama 10 tahun untuk 2.200 miligram per hari atau sekira satu sendok teh. Dalam skenario kedua, para peneliti menghitung dampak langsung mengurangi asupan sodium sebesar 40 persen. Untuk model ketiga, para peneliti meneliti manfaat langsung memotong asupan garam sampai 1.500 mg per hari, sekira setengah sendok teh, demikian yang dilansir Foxnews.

Para peneliti menemukan bahwa secara bertahap menurunkan asupan garam sebesar 40 persen selama 10 tahun bisa menyelamatkan 280-500 ribu nyawa seseorang. Namun jika orang-orang memotong asupan garam sekitar 60 persen, lebih banyak nyawa yaitu sekira 500 -850 ribu akan terselamatkan.

Mengonsumsi terlalu banyak garam memberikan peluang bagi Anda terserang hipertensi, atau tekanan darah tinggi, yang akhirnya meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Itulah mengapa mengurangi asupan garam bisa memperpanjang hidup karena dapat mencegah berbagai penyakit mematikan. (ind)
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar