Rabu, 17 April 2013

Kekebalan Tubuh Lemah atau Kuat? Tandai lewat Bulan Kelahiran Anda



detail berita
Sistem kekebalan tubuh bayi (Foto: Foxnews)

Ilmu Tambahan [ Kesehatan ] -SETIAP orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda. Pada saat Anda lahir, tentu sistem kekebalan tubuh masih lemah dan belum sempurna. Perbedaan kekuatan sistem kekebalan tubuh ini ternyata tergantung pada bulan kelahiran Anda.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnalJAMA Neurology mengatakan, sistem kekebalan tubuh bayi yang baru lahir dan kadar vitamin D yang berbeda tergantung pada bulan tahun mereka lahir. Para peneliti membantu menjelaskan mengapa risiko seseorang untuk mengembangkan kondisi neurologis multiple sclerosis (MS) dipengaruhi oleh bulan kelahiran mereka, demikian yang dilansir Foxnews.

Multiple sclerosis adalah suatu kondisi neurologis di mana sistem kekebalan tubuh sendiri merusak sistem saraf pusat. Ini menghalangi pesan antara otak dan area lain dari tubuh dan dapat menyebabkan masalah dengan memori, pendengaran, kontrol otot dan visi.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa bulan di mana Anda dilahirkan dapat memengaruhi risiko terkena MS. Efek bulan kelahiran adalah sebuah fenomena yang dikenal sebagai salah satu risiko MS. Mereka yang lahir  di bulan Mei bisa sangat berisiko mengalami MS, dan lebih rendah pada mereka yang lahir pada bulan November, terutama bagi orang yang tinggal di Inggris.
Para peneliti mengambil sampel darah dari tali pusar 50 bayi yang lahir di bulan November dan 50 bayi yang lahir di bulan Mei. Peneliti kemudian melihat kadar vitamin D dan tingkat autoreaktif T-sel (sel darah putih) dalam darah bayi.

Tes darah menunjukkan bahwa bayi yang lahir di Mei memiliki tingkat vitamin D lebih rendah dan tingkat autoreaktif T-sel yang lebih tinggi, dibandingkan dengan bayi yang lahir pada bulan November.

Tingginya tingkat autoreaktif T-sel, yang memiliki kemampuan untuk menghidupkan tubuh, bisa menjelaskan mengapa bayi yang lahir Mei berada pada risiko lebih tinggi terkena MS.
(tty)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar