Selasa, 05 Mei 2015

Makanan yang memiliki kandungan Asam Folat

http://ilmutambahankesehatan.blogspot.com/

Asam folat atau dengan sebutan lain adalah Vitamin B9 merupakan salah satu jenis vitamin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita, akan tetapi sangat dibutuhkan oleh tubuh.  

Untuk mendapatkannya kita dapat mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang tinggi kadar asam folatnya.
 Asam folat sendiri memiliki manfaat bagi tubuh adalah :
·                     Mencegah cacat lahir pada janin

Bagi wanita hamil dan menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat, karena pada masa tersebut asam folat yang dibutuhkan sangat tinggi. Sebagai bagian terpenting selama masa kehamilan, asam folat diperlukan untuk mebentuk janin agar janin sempurna tanpa ada cacat. Sehingga wanita hamil harus mengkonsumsi asam folat agar pertumbuhan dan perkembangan janin dapat normal.
·                     Sebagai pencegah stroke

Asam folat dipercaya dapat menurunkan tingginya kadar amino homocystine yang menyebabkan arteri jantung tersumbat yang kemudian mengakibatkan terjadinya stroke. 
Selain itu asam folat juga dibutuhkan oleh anak-anak untuk masa pertumbuhan mereka.  Tapi untuk anak-anak asupan asam folat sebaiknya berasal dari sumber makanan alami bukan suplemen makanan.  Asam folat juga memproduksi sel-sel darah merah pada tubuh.  Asam folat juga dapat membantu memperlambat  gangguan pendengaran dan penglihatan yang disebabkan karena proses penuaan.  Terkadang ada yang menggunakan asam folat sebagai anti depresi meskipun belum ada kepastian dan masih menjadi perdebatan.
Makanan-makanan yang biasanya terdapat kandungan asam folat tinggi adalah :
1.                 Sayuran, asam folat dapat diperoleh dari beberapa sayuran seperti : asparagus, brokoli, selada air, bayam, rumput laut. Sayuran-sayuran tersebut dipercaya sangat tinggi asam folatnya.
2.                 Buah-buahan, buah yang dibutuhkan adalah : jeruk, pepaya, strowbery, buah bit, blewah dan rasberry.
3.                 Jenis kacang-kacangan dan padi-padian, jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah biji matahari, lentil dan kacang hijau. Sementara itu padi-padian yang tinggi asam folatnya adalah berasal dari gandum, beras hitam dan beras merah.
4.                 Sumber-sumber makanan lain yang juga mengandung asam folat tinggi adalah hati sapi, susu dan telur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar