Kamis, 04 Juni 2015

Harapan Hidup Pria Perlahan Menyamai Wanita


London, Pada tahun 1981 rata-rata usia harapan hidup pria berada enam tahun di bawah wanita. Artinya jika wanita rata-rata hidup untuk 60 tahun maka pria hanya hidup sampai 54 tahun. Namun hal tersebut dikatakan peneliti mulai berubah.

Seiring berjalannya waktu dan kemajuan medis, usia harapan hidup untuk kedua gender sama-sama membaik. Peneliti dari Imperial College London memperkirakan dari data yang ada bahwa pria memiliki penambahan rata-rata usia yang lebih besar daripada wanita dalam beberapa tahun terakhir.

Peneliti mengatakan pada tahun 2030 usia harapan hidup pria di Inggris bisa mencapai 85,7 tahun, hanya dua tahun di bawah usia harapan hidup wanita.
Metode yang digunakan peneliti adalah melihat tingkat kematian dan data prediksi dari tahun 1981-2001 dan kemudian membandingkannya dengan data sebenarnya pada tahun 2002-2012. Setelah mendapat model yang ideal peneliti kemudian membuat prediksi dari data yang ada saat ini.

Faktor sosial dan ekonomi disebut peneliti memiliki peran penting dari meningkatnya usia hidup pria ini. Dengan status yang semakin membaik di beberapa daerah maka usia hidup juga semakin meningkat namun efek yang sama tak terlihat di daerah miskin.

"Kami memperkirakan kesenjangan akan semakin bertambah, dengan harapan hidup orang di daerah kaya semakin panjang daripada orang di daerah tertinggal," kata pemimpin studi Profesor Majid Ezzati seperti dikutip dari BBC pada Kamis (30/4/2015).

"Seseorang berumur 60 tahun pada 100 tahun yang lalu mungkin dianggap sangat renta. Tapi kini mereka mungkin hanya dilihat sebagai seseorang paruh baya yang sedang menikmati masa hidup sehat dan bahagianya," tutup Ezzati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar