Jumat, 09 Mei 2014

Menguap dapat meningkatkan kesehatan mental




Anda sering menguap? Itu bisa jadi tanda bahwa tubuh Anda kelelahan dan butuh asupan oksigen dalam jumlah besar. Tapi, sebuah studi baru menunjukkan bahwa menguap punya manfaat lain bagi kesehatan, yakni bisa menyejukkan otak dan meningkatkan kesehatan mental.
Studi yang dilakukan di dua negara, Austria dan Amerika Serikat ini, membandingkan kebiasaan menguap masyarakat Wina dengan warga Arizona yang tinggal di iklim lebih kering. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa seseorang akan menguap ketika suhu udara di otak mencapai 20 derajat celcius.
Suhu tersebut, menurut peneliti, dianggap terlalu panas bagi otak, sehingga secara otomatis otak akan memerintahkan tubuh untuk menguap guna mengalirkan udara segar yang akan menurunkan suhu di otak.
Hal tersebut diketahui dari perbandingan yang kontras antara objek penelitian di Wina dan Arizona. Warga Wina lebih banyak menguap saat musim panas dibandingkan musim dingin, namun penduduk Arizona justru sebaliknya.
"Manusia menguap untuk mempertahankan suhu di otak tetap seimbang dan berada dalam keadaan homeostatis optimal," papar Jorg Massen, mahasiswa PhD di Vienna University, yang melakukan penelitian.
Adapun penelitian yang diterbitkan secara daring di jurnal Physiology and Behavior itu juga menyebutkan bahwa menguap bisa meningkatkan kesehatan mental.
"Setelah menguap, tubuh akan jauh lebih segar yang juga ikut memperbaiki kesehatan mental seseorang," pungkas Massen. (ren)

Sumber: Daily Mail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar